Wednesday, November 07, 2007

NGAKALIN PREMAN

BEN HANDPHONE, toko oom adanya di daerah Menteng Dalam, Tebet.
Dekat dengan pasar pedok. Tau gak persamaannya pengusaha dan preman?
Yup, mereka sama sama ingin menguasai pasar.
Di pasar pedok juga banyak preman, yang maunya nguasain pasar dan toko toko di sekitar pasar, termasuk toko oom.
Salah satu preman yang paling reseh namanya si penyok, nama aslinya sih Asep, tapi karena dia sering digebukin polisi sampe babak belur, makanya dia dipanggil “penyok”. Si penyok ini sudah lama pengen beli handphone, tapi duitnya belum cukup, hampir tiap hari dia datang ke toko oom buat liat liat hp.
Oom mulai waspada, karena si penyok ini terkenal jelek adatnya, suka bikin masalah buat cari ribut.
Akhirnya suatu hari dia datang bawa kantong plastik, isinya duit logam campuran 500 an, 200 an, dan 100 an, mungkin hasil dia jadi “pa ogah” , ngaturin mobil yang lewat pasar. Karyawan oom merengut ngeliat tumpukan duit recehan sekantong plastik itu, kebayang deh betenya ngitungin duit recehan sebanyak itu.
“boss ! gue mau beli hape nih, tapi duitnya recehan, ga apa apa yah?”
Si penyok gayanya pedeeee banget, lagi mabok kliatannya, padahal baru jam 9 pagi.
“ga apa apa nyok, recehan juga duit, asal jangan bayar pake daun” ledek oom.
Setelah dihitung kira kira 67 menit, ternyata duitnya ada Rp 346.200,-
“mau beli hape apaan nyok?” tanya oom
“gua mau hape nokiah yang ada kameranye boss….” Matanya meraaah banget.
Oom sudah bisa nebak jalan pikirannya dari beberapa hari yang lalu.
“duit lu ga nyampe 350 ribu nyok, hape pake kamera yang paling murah harganya gope, tapi bukan nokiah” jawab oom, memang ada hape motorola yang pake kamera, yang jadul banget, generasi pertama hape motorola yang pake kamera gitu deh, yang susaaaaaaah banget lakunya, sebetulnya kalo sama orang lain oom jualnya seharga 300 ribuan, tapi buat si penyok, oom kasih harga khusus, “gopek” alias 500 ribu. Ini taktiknya. Oom tau dia ga bakal bayar seharga 500 ribu, buktinya dia Cuma bawa duit 350 ribuan, makanya oom pilihkan hape yang harganya segitu, tapi dia kan mikirnya itu hape harganya gopek, biar aja, sekali kali kita ngakalin preman, hihihihihi.
“ya udah deh boss, motorola juga ga apa apa, tapi sisanya ntar ye boss”, tuh kan, bener perkiraan oom, dia mau ngakalin oom, dia ga tau, buaya mau dikadalin.
“sisanya kapan nyok? Jangan lama lama” jawab oom.
“tenang aja boss, besok juga gw dapet jatah nih dari si ahong toko beras”
Halaah penyok, gede omongnya doang.
Walhasil jadi deh tuh motorola yang susah laku seharga 300 ribuan oom jual dengan harga
Rp 346.200,-
Si preman senang, oom juga senang, sama sama senang kan? Hehehehe.
Sesudah hari itu, setiap si penyok ngeliat oom dari jauh, dia pasti ngumpet, takut ditagih hutangnya, padahal oom sih cuek aja, lha wong sudah lunas je, dianya aja yang gak tau. Tapi yang seru tuh dampaknya. Karena si penyok selalu ngumpet kalo ada oom lewat tempat nongkrongnya, preman yang lain jadi segan sama oom, gak ada yang berani malak, bahkan yang minta rokok sebatang pun gak ada. Ternyata preman juga punya kode etik, gak boleh malak orang yang “ngutangin”, dan ternyata preman itu juga punya kemaluan, eh punya malu, buktinya si penyok selalu ngumpet tiap ngeliat oom, sampe sekarang, padahal kejadiannya itu sudah 3 tahun yang lalu.

1 comment:

Anonymous said...

wah, si bos ngibulin gw nih, awas ya.