Wednesday, January 09, 2008

ELEMENT OF SURPRISED

“Aku lagi kesel nih“
“Kesel kenapa ?”
“Tadi abis berantem sama satpam disini”
“oOo, kenapa bisa gitu ? ”
“Satpam nya usil, sok tau”
“oOo” jawab oom.
Itu cuplikan pembicaraan telpon antara oom sama isye, pacar oom.
Waktu itu sekitar jam setengah sembilan malam di tahun 1995.
Oom sedang kerja di toko meubelnya Abah di jalan raya kalimalang, Jakarta timur, sedangkan isye kerja di toko buku Gramedia di Cinere Mall, ujung barat nya Jakarta.
Ngobrol sama pacar tuh harus hati hati, salah kata bisa salah pengertian. “Women are meant to be loved, not to be understood”, wanita itu untuk dicintai, jangan coba dimengerti, gitu katanya, dan itu memang banyak betulnya. Makanya kalo lagi ngobrol sama Isye, oom lebih sering respon dengan sedikit kata atau huruf vokal aaa, ii, uu, ee, atau oOo saja. Lebih aman. Hihihihihihi……..
Satu hal lagi yang disukai cewe adalah “element of surprised” atau kejutan yang manis. Dan itu tidak selalu berupa benda materi. Seperti juga malam itu, setelah telpon ditutup oom merasa kasihan sama dia yang lagi kesel, sedangkan oom jauh sekali, jadi susah menghiburnya.
Jam sembilan malam toko oom tutup. Oom minta tolong fauzi, sepupu oom untuk bikin kejutan manis buat Isye. Oom mau jemput dia pulang kerja.
This mission agak impossible sebetulnya, jarak yang sangat jauh, dan waktu yang mepet, Isye pulang kerja jam sepuluh malam. Kalau terlambat datang akan sia sia saja rencana ini.
Oom dan fauzi bawa mobil bak terbuka yang biasanya dipakai buat kirim meubel. Fauzi oom minta ngebut, sedangkan mobilnya batuk batuk.
(thank you ji, gw ga bakal lupa deh jasa baik lu)
Dari kalimalang sekitar jam sembilan lewat seperempat. Kami lewat jalan raya kalimalang - by pass – cawang – buncit raya – tb simatupang – jl raya fatmawati dan terjebak macet total di pasar pondok labu, padahal sudah jam sepuluh kurang 5 menit. Kayaknya bakalan gagal nih.
Buat yang tau kondisi pasar pondok labu pasti mengerti betapa parahnya kemacetan didaerah itu.
Disaat kritis seperti itu tiba tiba ada keajaiban. Ada ambulan dibelakang mobil kami. Sudah hukum internasional di jalan raya, kalau ada ambulan lewat,semua minggir. Begitu juga mobil kami, minggir lah ke kiri.
Sesudah ambulannya lewat oom tepuk pundaknya fauzi
“tempel ambulannya ji, ikutin !”
Fauzi paham maksud oom. Dan mobil kamipun dengan lancarnya membuntuti ambulan tadi melewati kemacetan pasar pondok labu yang luar biasa parah. Waktu menunjukkan jam sepuluh lewat 5 menit.
Dalam hati oom berharap mudah mudahan Isye belum pulang.
Alhamdulillah do’a oom terkabul. Isye lagi berdiri menunggu angkot. Dia gak tau kalau oom mau jemput dia.
Begitu dia lihat oom dan fauzi datang, wajahnya surprised. Seneeeeeeeeeng banget keliatannya. Bayangin aja, lagi kesel, pulang kerja malam, tau tau dijemput kekasih tercinta, syailaaaaah. Oom sama fauzi Cuma senyum senyum aja liat Isye kegirangan. Kemudian kami pun mengantarkan Isye pulang ke rumahnya di dapur susu, belakang rumah sakit fatmawati.
Ceritanya belum selesai. Mobil oom mogok, gak bisa mundur, Cuma bisa maju. Sedangkan rumahnya Isye di jalan buntu. Seru kan?
Akhirnya Isye manggil pembantunya, kemudian kita rame rame dorong mobil sampai ke ujung jalan.
Oom dan fauzi pun kembali pulang ke kalimalang.
What a night !

No comments: